Alasan Mengapa MPASI Diberikan Saat Bayi Usia 6 Bulan

alasan mengapa MPASI diberikan saat bayi usia 6 bulan

Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) bisa Bunda berikan pada bayi ketika sudah berusia 6 bulan. Mengapa MPASI baru bisa diberikan saat bayi usia 6 bulan? Hal ini mengacu pada Angka Kebutuhan Gizi (AKG) 2013, yakni kebutuhan gizi bayi meningkat setelah usia 6 bulan.

Sehingga, diperlukan asupan selain ASI. Oleh karena itu, menu MPASI bayi 6 bulan perlu diberikan agar angka kecukupan gizi si kecil bisa terpenuhi. Selain itu, pada usia tersebut sistem pencernaan bayi termasuk pankreas sudah berkembang dengan baik.

Sehingga, bayi sudah mampu mengolah, mencerna serta menyerap karbohidrat, lemak dan juga protein dari bahan makanan selain ASI. Mengenalkan MPASI di usia bayi yang tepat akan memberikan manfaat yang luar biasa pada tumbuh kembang buah hati lho, Bunda.

Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, MPASI juga bisa melatih keterampilan makan bayi di kemudian hari dan mencegahnya menjadi picky eater. Tak hanya itu saja, pemberian MPASI bisa berpengaruh pada kemampuan mengunyah bayi.

Ketika belajar makan, otot-otot mengunyah bayi akan terlatih terutama untuk bisa mengonsumsi makanan kasar. Pun untuk melatih bayi belajar berbicara, Bunda.

Tanda-Tanda Bayi Siap Diberi MPASI

Bayi yang sudah siap diberikan MPASI memiliki tanda-tandanya, lho. Pertama, apabila bayi sudah bisa duduk tegak atau didudukkan tegak. Saat duduk, kepala anak juga sudah kuat atau tidak jatuh.

Kedua, bayi sudah menunjukkan minat untuk makan. Contohnya, si kecil ingin ikut makan saat melihat Bunda atau orang di sekitarnya makan. Mereka akan mulai meraih makanan atau membuka mulut saat disodorkan sendok.

Jika leher bayi masih jatuh dan belum kuat, jangan berikan MPASI dulu ya, Bunda. Otot kepala yang belum kuat bisa membuat makanan masuk ke saluran nafas dan membuat bayi tersedak. Apabila bayi memang belum menunjukkan tanda-tanda siap makan setelah lewat usia 6 bulan, segera konsultasikan ke dokter spesialis anak untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Nah, demikianlah ulasan mengenai alasan mengapa MPASI baru bisa diberikan saat bayi berusia 6 bulan. Bunda harus selalu mengingatnya ya, karena pemberian MPASI dini atau sebelum usia 6 bulan hanya akan menimbulkan masalah kesehatan pada bayi.

Selain memberikan menu MPASI 6 bulan, Bunda juga perlu memenuhi kebutuhan popoknya. Merries bisa menjadi pilihan popok si kecil. Sebab, kandungan ekstrak natural daun teh membuatnya lebih higienis untuk kulit lembut bayi.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya, silakan kunjungi merries.co.id. Semoga bermanfaat, ya!

List Blog Keren Rajabacklink

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *